Powered By Blogger

Rabu, 24 April 2013

AKU vs BUKU

Menurutmu apa itu buku? Saya sering dengar dari teman2 kalau buku itu adalah jendela dunia. Ada juga yang mengatakan kalau buku adalah sumber inspirasi dan ilmu. Semua itu benar, memang begitulah buku, saya tidak bisa mendebat lagi. Sialnya, saya dari kecil jarang baca buku. Sekalinya punya buku, itu semua buku paket pelajaran2 dan buku lks yang isinya gak menarik dan malah sering bikin pusing dan mules bahkan mencret hahhahhaha. Buku2 yg ada di perpustakaan SD pun buluk2 dan kadang sudah terlepas dari jilid-annya dan berserakan kemana2. Jadi illfil dan tambah males deh pedekate sama buku. Mulai dari itulah sudut pandangku terhadap buku mulai skeptical. Memang dari kecil orang tuaku juga jarang beli buku, selain mungkin menurut mereka itu bukan kebutuhan primer dan jarang banget ada toko buku di dekat rumahku, mungkin juga karena minat baca orang tuaku dulu belum hebat, mereka masih terlalu sibuk bekerja sebagai pasangan muda yg baru berumah tangga dan punya anak super imut kayak aku heheheh (pose chibi2). Jadi ya begitulah, masa kecilku luput dari perhatian dan peran buku2 yg katanya jendela dunia.  Mulai masuk SMP aku mulai dekat dengan buku, sialnya lagi buku yg deket sama aku waktu itu kurang berkualitas. Cuma buku2 komik jepang yg aku pinjem dari persewaan buku deket sekolah macam dragon ball, doraemon, kobo chan, sinchan dan bahkan sempat salah pinjem komik goldenboy (ups, wakakakakka). Yah begitulah, fase hidupku ini sudah berhasil mengenalkan aku sama buku yang kurang berkualitas dan satu buku ‘jorok’, tapi it’s OK at least aku udah kenal dulu sama buku.  Masuk SMA aku masih gak pernah beli buku kecuali buku2 paket erlangga, yudhistira dan buku2 LKS yang kadang malah jadi lahan bisnis sampingan para guru. aku dapat asupan nutrisi buku dari pinjeman sepupuku yang mengkoleksi buku lupus (lagi2 buku ringan). Disaat anak2 normal seumuranku mulai baca buku2 berkualitas karya penulis2 keren yang aku gak apal nama2 mereka karena kebanyakan kayak nama2 alien dari planet ‘saiya’. (dragonball logic. Hihihihi. maklum, jarang baca buku berkualitas), aku masih baca lupus dan seneng banget waktu itu karena ceritanya lucu dan banyak tokoh2 yg aneh disitu, cocok bgt sama aku yg kebetulan punya muka yang aneh juga. Mulai dari situ aku mulai suka baca lupus yang kupinjam 2 buku setiap minggu dari sepupu ku itu (bahkan ada beberapa buku lupus yg lupa belum kukembaliin sampai sekarang, hahahaha). Yah, pathetic memang hidupku di masa muda, masa kini juga dink. Masa sekarang juga masih jarang beli buku, buat jajan aja susah! (makanku banyak soalnya) tapi kalo sekarang banyak teman yg suka buku2 berkualitas, jadi aku bisa pinjem deh. Pinjem sana pinjem sini dapat ilmu dan inspirasi. Kadang juga dapat tamparan di pipi karena buku2 mereka sering jadi kusut karena aku bacanya sambil tiduran di rak piring. (hahahaha, salah satu guyonan lupus yg masih kuingat sampai sekarang). Bahkan karena kubaca sambil tidur, kadang buku2 mereka sering kena cairan bening kental yang berbau tajam, iler. (moga2 mereka gak baca posting ini, kalaupun baca, sorry teman2 baru berani bilang sekarang kalo buku kalian sering kena iler. Aku takut ditampar pipi lagi. Peace!(hahahah)
Aku suka buku? Iya! Aku seneng baca buku? Iya! Suka beli buku? I..iy…. enggak! Hahahaha.. Tapi entah kenapa, buku2 buat thesisku kok tidak semenarik buku2 yang kupinjem dari teman ya? Mungkin aku memang suka membaca, but reading for pleasure. Reading academically? Hmmmm?? Mungkin belum dapat panggilan hati. Intinya adalah, buku itu sumber inspirasi dan kebijakan pola berfikir manusia. Jadi, selagi muda adik adikku bacalah buku! Jangan tiru aku, karena itu hanya dikerjakan oleh para professional yg terlatih!!!

7 komentar:

  1. fuck! kau anggap komik bacaan ringan tak bermutu? i'll kill ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maki.. mereka kurang bermutu, dan ringan, cuma goldenboy yg agak berat. dulu belum ada naruto sih.. don't bother yourself. I'll kill myself..

      Hapus
  2. wkwkwkwk sumpah aku ngakak baca ini! :D
    jadi pikir beribu2 kali deh kalo meh minjemin buku ke kamu mas! :p

    BalasHapus
  3. waakakkakakak... sini buku2mu tak pinjem... tak basahin pake tanda bibir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk ogah banget =.=" tak pinjemin, tapi kamu baca-ne pake lakban di mulut :p

      Hapus